Senin, 02 Juli 2012

Teknik Meningkatkan Kreativitas

Kunci kesuksesan didalam persaingan usaha yang sangat berat sekarang ini adalah kreativitas. Siapa yang mampu berfikir kreatif, dialah yang akan jadi pemenang. Untuk itulah kita perlu hambatan – hambatan yang menjadikan kita kurang kreatif.
Hambatan kreativitas sebagai dinding atau bangunan mental yang menghambat kita untuk memahami atau menemukan pemecahan atas suatu masalah. Secara rinci, hambatan-hambatan kreativitas dapat dijelaskan sebagai berikut:


§ Hambatan Psikologis
§ Hambatan Budaya
§ Hambatan Lingkunagan
§ Hambatan Bahasa Berpikir
§ Hambatan Keterpakuan Fungsional
§ Hambatan Kebiasaan Memandang
Melaui penjelasan tentang macam-macam penghambat kreativitas, hambatan dalam kreativitas sebenarnya dpat diatasi walaupun sulit. Cara umum meningkatkan kreativitas adalah dengan mengubah cara berpikir dan proses bertindak.
§ Perumusan masalah secara kreatif
§ Bertanya dan bertanya
§ Curah gagasan
§ Orang Aneh
§ Iklim kreatif
Apapun yang anda lakukan, bagian otak anda yang dominan akan selalu mendikte bagaimana anda harus berpikir. Pengaruh otak kiri yaitu menyebabkan seseorang lebih teratur dalam berpikir, analitis, dan kurang kreatif, sehingga terlalu banyak pertimbangan dalam bertindak dan cenderung menjadi pengekor. Pengaruh penggunaan otak kanan,yaitu berpikir secara loncat-loncat tak beraturan, memungkinkan seseorang berpikir kreatif.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz