Kamis, 28 Maret 2013

CARA BERTAHAN HIDUP BINATANG YANG PATUT DI CONTOH MANUSIA



Binatang merupakan mahluk ciptaan Tuhan yang hanya memiliki insting dalam mengambil tindakan. Beda dengan manusia, yang memiliki otak untuk berpikir.  Namun, manusia seharusnya bisa meniru beberapa sifat binatang berikut dalam bertahan hidup.
Seperti :


1.       Laba-laba

Laba-laba, atau disebut juga labah-labah, adalah sejenis hewan berbuku-buku (arthropoda) dengan dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap dan tak memiliki mulut pengunyah. Semua jenis laba-laba digolongkan ke dalam ordo Araneae
Namun cara bertahan hidup laba-laba tergolong cerdik. Laba-laba hanya memasang jarring-jaringnya ditempat yang sering dilewati mangsanya. Jadi, dia (laba-laba) tidak perlu repot-repot berburu mangsanya. Cukup dengan menunggu saja.

2.       Semut



Semut adalah semua serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies), sebagian besar hidup di kawasan tropika. Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Dimungkinkan pula terdapat kelompok semut penjaga. Satu koloni dapat menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka. Koloni semut kadangkala disebut "superorganisme" karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.
Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif kecil, semut termasuk hewan terkuat di dunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Semut hanya tersaingi oleh kumbang badak yang mampu menopang beban dengan berat 850 kali berat badannya sendiri.
Selain itu, semut juga bekerja secara bersama-sama atau biasa kita sebut bergotong-royong. Sehingga pekerjaan yang berat bisa diatasi dengan mudah.


3.       Nyamuk
Nyamuk adalah serangga tergolong dalam order Diptera; genera termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culiseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies. Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang; antarspesies berbeda-beda tetapi jarang sekali melebihi 15 mm.
Yang unik dari nyamuk ialah kegigihan dalam berburu mangsangnya. Nyamuk tidak takut dengan binatang yang lebih besar dari dirinya termasuk manusia. Bahkan nyamuk mempertarukan nyawanya demi mendapatkan makanannya.

4.       Burung
Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan dikenal sebagai Archaeopteryx.
Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang. Diperkirakan terdapat sekitar 8.800 – 10.200 spesies burung di seluruh dunia; sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia. Berbagai jenis burung ini secara ilmiah digolongkan ke dalam kelas Aves.
Tetapi, hampir semua jenis burung tergolong rajin. Bayangkan saja, demi mencari makanan, burung selalu berangkat dipagi hari, dan pulang pada sore hari untuk beristirahat.


0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz