Kamis, 28 Maret 2013

Tips Merubah Hobi Menjadi Bisnis - Tips Bisnis

Bisnis merupakan hasil kecintaan kita terhadap sesuatu. Bisnis tidak harus dimulai dari sesuatu yang besar. Bahkan seseorang bisa memulai satu bisnis dari hobinya. Mungkin anda  salah satunya?
Tentu sering kita mendengar banyak orang yang sukses dan memiliki uang banyak hanya dengan mengembangkan hobi mereka menjadi sebuah Bisnis Yang punya daya Jual yang tinggi waw tentunya sangat menarik, mari kita ambil contoh Misalnya seperti seseorang yang memiliki hobi memotret. Dia bisa membuat studio foto sendiri atau membuat perusahaan jasa foto antuk acara-acara pesta. atau anda punya hobi lain yang sebenarnya bisa anda jadikan sebua Peluang Usaha.

Hobi memang memiliki dua sisi yang berlainan. Di satu sisi, diri kita akan sangat terpuaskan oleh hobi yang kita jalankan. Lebih dari itu, tentu saja hobi akan sangat bernilai bisnis "Peluang Usaha" jika anda mengerti bagaimana mengelola hobi tersebut menjadi lebih bernilai. Berikut saya akan memberikan sedikit tips supaya anda bisa merubah hobi anda menjadi penghasil uang yang baik.

Pertama
Jadilah pemimpi. Janganlah takut menjadi seorang pemimpi karena mimpi adalah awal dari suksesnya seseorang. Mimpi juga merupakan visi. Misalnya anda memiliki hobi memasak dan senang memasak apapun. Anda bisa bermimpi untuk bisa mendirikan restoran besar yang memiliki cabang dimana-mana dan memiliki ribuan pelanggan. Anda bisa memulainya dari usaha rumahan semisal mendirikan katering.Namun, harus diakui janganlah bermimpi terlalu tinggi. Bermimpilah sesuatu yang realis, tetapi tetap optimis.

Kedua
Buatlah Rencana secara bertahap. Untuk memulai usaha dari hobi, Mulailah membuat rencana yang bertahap. Buatlah perencanaan dari nol, pada saat akan memulai usaha. Carilah celah dalam setiap kesempatan. Jika dilakukan dengan benar, lambat laun perencanaan tersebut akan memberikan Anda gambaran apa yang harus anda lakukan.

Ketiga
Buatlah Anggaran. Jika usaha sudah berjalan, buatlah anggaran pengeluaran dan pemasukan dengan baik. Pisahkan antara pemasukan dan pengeluaran dari gaji dengan hasil usaha. Hal ini selain memotivasi anda untuk lebih baik dalam berusaha, juga menghindarkan dari pemborosan dan memudahkan dalam perhitungan laba sehingga anda mengetahui tingkat keberhasilan anda. Dengan membuat anggaran yang tepat, kesalahan yang muncul akan bisa dicari penyebabnya, dan dapat segera diperbaiki.

Keempat
Susunlah Berbagai Rencana . janganlah hanya memiliki satu rencana saja. Buat juga rencana backup. Misalnya, setelah membuka sebuah rumah makan tapi sepi pembeli, mulailah berpikir kreatif dan jalankan rencana backup anda. Jangan menunggu keberuntungan datang, tapi harus menjemput bola dan tawarkan kemudahan lain. Misalnya, memberi pelayanan delivery service.

Kesimpulannya
Dalam membuat usaha dari hobi adalah hal yang menyenangkan. Namun, dalam praktiknya ini tidaklah mudah. Mudah-mudahan tips diatas dapat membantu. Intinya, Jangan takut gagal ketika baru saja memulai USAHA. Yang penting pede, dan teruslah bermimpi!
Hal penting lainnya adalah memiliki pengetahuan bagaimana memasarkan bisnis Anda baik secara offline maupun online. Karena tanpa marketing yang tepat, tidak ada orang yang akan membeli produk Anda.

Semoga Bermamfaat

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz