Senin, 06 Mei 2013

ALTERNATIF MENCARI PENGHASILAN DENGAN “MENJADI KARYAWAN”



Mungkin, dengan menjadi karyawan anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Masa iya..,,? Coba anda simak berikut:
Anggap saja, sekarang anda bekerja dari jam 8.30 pagi sampai jam 5.00 sore setiap hari senin hingga jumat. Anda juga mendapatkan gaji setiap tanggal 28 tiap bulannya. Nah, ketika anda merasa penghasilan anda tidak cukup, anda bisa mencari penghasilan tambahan dengan bekerja diperusahaan lain. Mungkin anda bisa bekerja dari jam 7  sampai jam 9 malam atau anda bisa memilih bekerja di hari sabtu dan minggu. Dengan demikian, anda akan mendapatkan 2 gaji dalam sebulan.
Alternative lain, jika pada saat ini anda adalah seorang ibu rumah tangga dan suami anda seorang karyawan, maka anda bisa memutuskan untuk bekerja sebagai karyawan untuk menambah penghasilan keluarga. Prinsipnya, anda bekerja  sebgai karyawan sehingga penghasilan yang anda dapatkan berupa gaji. Intinya, anda bekerja untuk menambah penghasilan keluarga.

Kelebihan Dan Kekurangan
Apa sih, kelebihan mencari penghasilan tambahan dengan menjadi “karyawan”? jelas disini anda tidak butuh modal uang yang besar. Cukup anda datang keperusahaan dan menjalankan pekerjaan yang dibutuhkan. Tinggal bagaimana anda bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat, bukan begitu?
Kedua, penghasilan yang anda dapatkan bisa lebih cepat dan pasti. Tentu masuk akal. Mengingat, bekerja sebagai karyawan, penghasilan yang anda dapatkan akan lebih cepat karena biasanya anda langsung dibayar setiap akhir bulan. Dan itu pasti, asalkan anda bekerja. Sip..
Itu kelebihan, sekarang apa kekurangannya? Jelas, dari segi waktu anda akan lebih capek karena biasanya anda harus mencurahkan waktu yang tidak sedikit. Iya dong, jika anda bekerja dari jam 9-5 sore, dan bekerja lagi sebagai karyawan pada malam harinya, bisa dibayangkan betapa capeknya.
Belum lagi, jika anda mencari penghasilan tambahan dengan menjadi karyawan. Anda tidak bisa berhenti, karena jika anda berhenti tentu gaji anda juga akan berhenti, bukan?  Selain itu, kebebasan anda biasanya akan lebih terbatas karena adanya aturan-aturan dari perusahaan tempat anda bekerja.
Sejumlah Kiat
Berikut ini, ada sejumlah kiat apabila anda memutuskan untuk mencari penghasilan tambahan dengan menjadi karyawan.:
1.      Jangan sampai mengganggu jadwal kegiatan utama
Ketika anda memutuskan untuk mencari penghasilan tambahan sebagai karyawan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah pemisah yang jelas antara mana yang merupakan kegiatan utama dan mana yang merupakan pekerjaan sampingan. Artinya, cobalah agar pekerjaan sampingan anda sebagai seorang karyawan tidak mengganggu pekerjaan utama anda. mungkin hal ini sangat sepele, tapi kenyataannya saya sering kali melihat seseorang yang bekerja dari jam 9 pagi sampai 5 sore. Kemudian, karena ia juga bekerja dimalam harinya, ia selalu pulang satu jam lebih awal, jam 4 sore. Atau, ada juga seorang mahasiswa yang menjadikan kuliahnya dimalam hari sebagai kegiatan utama. Tetapi, karena ia bekerja sebagai karyawan untuk mencari penghasilan tambahan, ia sering datang terlambat ketempat kuliah.
Salah satu cara yang bisa anda lakukan agar pekerjaan anda sebagai karyawan tidak mengganggu kegiatan utama anda adalah mencari pekerjaan yang waktunya memang sesuai dengan waktu kerja yang anda inginkan. Misalnya, apabila anda bisa mengajar, anda bisa mendaftar ke sebuah lembaga pendidikan dan bekerja di hari sabtu saja.

2.      Ada baiknya pasangan anda yang tidak bekerja yang melakoni pekerjaan sebagai karyawan.
Apakah pada saat ini anda sudah bekerja sebagai seorang karyawan? Jika ya, dan anda memutuskan untuk mencari penghasilan tambahan sebagai seorang karyawan ditempat lain, berarti anda dua kali menjadi karyawan. Maka, yang akan terjadi adalah waktu dan tenaga anda akan tersita secara berlebihan. Bagaimana tidak …? Sudah bekerja dari pagi sampai sore, anda harus bekerja lagi dimalam hari.
Lalu, apa yang harus anda lakukan? Saran saya, jika anda punya pasangan. Dan pasangan anda tidak bekerja, ada baiknya jika pasangan andalah yang bekerja sebagai karyawan. Dengan demikian, waktu dan tenaga anda tidak akan terlalu tersita oleh pekerjaan.
Cuma saja memang perlu diingat bahwa apabila anda seorang pria bekerja  yang meminta pasangan anda untuk ikut bekerja , munkin aka nada konsekuensinya yaitu waktu yang biasanya digunakan pasangan anda dalam melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mengurus rumah, dan menjaga anak akan berkurang porsinya dan mungkin akan lebih banyak dialihkan kepada orang lain. Jika anda oke-oke aja sih, ya tidak apa-apa.

3.      Pilih bidang pekerjaan yang sesuai minat dan kemampuan anda.
Ada yang bilang, apabila kita mengerjakan pekerjaan yang sesuai minat kita, biasanya kita akan mengerjakannya dengan senang hati.
Mau contoh? Seorang teman saya yang bekerja sebagai staf di salah satu univ. perguruan tinggi dan memiliki penghasilan tambahan dengan bekerja di salah satu lembaga pendidikan. Pekerjaannya adalah pengajar, dan menariknya lagi. Ia memang senang mengajar.
Apa hubungannya minat ini dengan anda? pertama, anda sudah memiliki pekerjaan utama. Ketika anda sedang menjalani pekerjaan sampingan, kondisi fisik anda biasanya sudah sedikit menurun karena sebelumnya, fisik anda sudah terkuras dengan pekerjaan utama. Sekarang, bayangkan, apa yang akan terjadi pada anda. apabila dalam keadaan fisik yang sudah sedikit menurun tersebut, anda masih harus menjalani pekerjaan yang bukan menjadi minat anda. jawabannya, jelas anda akan lebih cepat merasa capek. Namun, apabila anda mengerjakan pekerjaan yang tidak anda minati, biasanya anda juga merasa lebih senang dan tidak terlalu cepat merasa capek. Ingatlah bahwa pekerjaan yang dilakukan dengan perasaan senang sering kali akan membuahkan hasil yang baik. Jangan sampai sudah capek-capek bekerja dipekerjaan utama, anda masih bekerja sebagai pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat anda. bisa-bisa anda tambah capek (capek pikiran dan tenaga).

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz