Dari beberapa karyawan yang sampai saat
tulisan ini diterbitkan, masih percaya untuk bekerjasama dengan saya. Rata-rata
sudah bekerja selama dua tahun. Karyawan yang bekerja dengan saya itu keluar
dengan alasan menikah atau harus keluar kota ikut suami-nya. Selain itu, ada
juga yang setelah menikah dan menginjak kehamilan tua minta resign dan ingin
fokus untuk membesarkan anak pertamanya.
Selebihnya, rata-rata bekerja diatas dua
tahun dan selalu bekerja sesuai dengan JOB DESK dan SOP yang menjadi acuan saya
dalam melakukan penilaian kinerja mereka.
Berikut saya akan berbagi pengalaman
dari sudut pandang saya tentang karyawan yang dapat dipertahankan.
Apa tujuan anda memiliki karyawan?
Tentu ingin memberikan hasil maksimal
ditempat usaha anda. itulah alsan kita membayar mereka.
Naik gaji?
Hanya pantas diberikan bagi mereka yang
selalu memberikan konstribusi hasil yang lebih besar dari gajinya.
Bagaimana dengan produktivitas kerja?
Banyak dari anda, (terutama bagi pemula)
yang hanya memberikan tugas tentang apa-apa yang harus dilakukan oleh karyawan
dalam bekerja.
Menurut saya, anda harus bedakan antara
apa yang harus dilakukan / dikerjakan dengan apa yang harus diselesaikan.
Daripada anda menuliskan dikertas daftar
apa yang harus dikerjakan. lebih baik, tuliskan hal-hal yang harus
didelesaikan.
Dengan demikian, secara tidak langsung.
Anda melatih karyawan anda untuk bekerja lebih produktif.
Bagi anda yang memiliki took/usaha yang
dapat dilihat oleh mata konsumen/pembeli maka ingat ini:
Karyawan yang menganggur/tidak
beraktivitas saat toko anda dikunjungi oleh konsumen akan memberikan kesan yang
buruk pada setiap yang datang.
Lalu bagaimana jika karyawan kita
bekerja tanpa dilihat oleh konsumen, mis: online shop?
Ditempat saya, karyawan yang mengurusi
online shop acuannya bukan tampak seolah-olah sibuk (toh tidak ada yang
dilihat). Tapi ukurannya adalah prestasi (kembali ke hal-hal yang harus
diselesaikan diatas).
Ingat!! .. bukan berapa jam karyawan
anda bekerja dalam sehari tapi berapa banyak yang bisa dikerjakan karyawan anda
dalam bekerja.
By. GM. SUSANTO
0 komentar:
Posting Komentar