Senin, 06 Mei 2013

MENGAPA BANYAK SARJANA YANG MENGANGGUR/TIDAK BEKERJA?



Pada dasarnya, seseorang yang melanjutkan sekolahnya sampai keperguruan tinggi tentu memiliki alasan tersendiri.  Entah ingin memperluas pengetahuan, atau bisa jadi ingin merubah garis kehidupannya menjadi lebih baik. Dalam artian, bisa bekerja dan menghasilkan uang.
Nah, jika anda termasuk dalam kategori “ingin merubah masa depan yang lebih baik” apakah dengan kuliah bisa menjamin masa depan anda, kelak? Tentu jawabannya bisa iy, bisa juga tidak. Itu tergantung hoki masing-masing individu.

Menurut survey saya, banyak sarjana khususnya di Indonesia yang setelah menyelesaikan kuliahnya tidak memiliki pekerjaan bahkan tidak sedikit juga yang belum sempat menyelesaikan kuliahnya karena banyak faktor mungkin diantaranya: tidak memiliki uang untuk membiayai kuliah dan ada juga yang dikeluarkan dari tempat kuliahnya karena alasan tertentu.
Yang ingin saya jelaskan sekarang, yaitu mengapa banyak sarjana yang menganggur/tidak bekerja? Penyebab yang pertama adalah
 Kurangnya Informasi
Orang mengatakan bahwa, abad ini adalah abad informasi. Siapa yang bisa mendapatkan informasi lebih banyak dan memanfaatkannya dengan baik. Akan sukses.
Pada kenyataannya, ketika seseorang sudah mendapatkan gelar sarjana. Ia seolah-olah mengabaikan informasi. Kebanyakan diantaranya, hanya sibuk dengan urusan yang tidak jelas. Dengan alasan, refresing. Karena dimasa kuliahnya pikiran dan tenagahnya banyak terkuras sehingga kebiasaan-kebiasaan yang dulunya selalu ia lakukan dimasa kuliah seperti membaca buku, mencari referensi di internet dan lain sebagainya semua terlupakan.
ada juga seseorang (sarjana) yang banyak mendapatkan informasi namun tidak dimanfaatkan dengan baik. Dengan alasan belum mau untuk bekerja, sibuklah, masih mudah dan banyak lagi alasan-alasan yang dilontarkan ke teman-teman sarjana (belum bekerja) yang sempat saya tanyai.
Perlu diketahui, bahwa kesempatan sulit untuk datang kedua kalinya. Jadi, begitu ada kesempatan langsung sikat jangan dilewatkan jika dilewatkan tau sendirikan akibatnya. Hehehe..
Terhanyut Dalam Zona Kenyamanan
Perbahasan ini sangat menarik kita bahas, kenapa? Coba anda perhatikan burung yang ada didalam sangkar, gerakannya sangat terbatas. Ketika burung itu dibebaskan dari sangkarnya, sulit untuk kembali lagi bahkan mungkin burung itu tidak akan kembali.
Saya cukup sering melihat orang yang baru saja menyelesaikan kuliahnya, lebih banyak bersantai dirumah, berpetualang atau kegiatan lainnya selain bekerja. Sehingga, apa yang di cita-citakan sebelumnya diabaikan. Bayangkan saja, ketika anda kuliah waktu anda kebanyakan di kampus. Jadi, waktu bersantai dirumah sangat minim apalagi untuk bersenang-senang.
Nah, ketika dunia kampus sudah ia lalui keinginan untuk memanjakan diri tentu terlintas dalam pikirannya. Namun, kebanyakan diantaranya sulit untuk meninggalkan zona nyaman yang baru dirasakannya selama kurang lebih 4 tahun, tentu saja Ia lupa dengan apa yang sebelumnya di impikan.
Maksud saya disini, bukan untuk mencela anda (para sarjana yang belum bekerja) tapi saya Cuma ingin mengingatkan ke anda agar tidak terjadi demikian. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjauhkan diri anda dari istilah “sarjana pengangguran/tidak bekerja”

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz