Senin, 06 Mei 2013

MENGUNJUNGI KABUPATEN TERKAYA DI INDONESIA



(Jadi Percontohan Otonomi Daerah)
Dulu, daerah tingkat II ini masih bernama Kutai. Saat Musyawarah Nasional (MUNAS APKASI) tahun 2000 yang diadakan ditenggarong. Presiden RI Abdurrahman Wahid (GUSDUR)mengusulkan agar kabupaten kutai  hasil pemekaran menggunakan  nama Kabupaten Kutai Kartainegara. Itu karena kota Tenggarong jga merupakan  ibu kota dari Kesultanan Kutai Kartanegara.
Pada, 23 maret 2002. Presiden RI Megawati Soekarno Putri kemudian menetapkan nama Kabupaten Kutai Kartainegara. Melalui peraturan pemerintah RI no. 8 tahun 2002 tentang “ perubahan nama Kutai menjadi Kabupaten Kutai Kartainegara”

Kabupaten Kutai merupakan kelanjutan dari kesultanan Kutai Kartainegara  Ing Martadipura. Setelah Republik Indonesia berdiri, pada tahun 1947 Kesultanan Kutai Kartainegara dengan status daerah Swapraja Kutai masuk dalam federasi Kalimantan Timur bersama-sama daerah kesultanan lainnya. Seperti: Bulungan, Sambaliung, Gunung Tabur, dan Pasir.
Kemudian pada 27 desember 1949 masuk dalam Republik Indonesia Serikat. Daerah Swapraja, Kuti diubah menjadi daerah Istimewa  Kutai yang merupakan daerah otonomi/daerah istimewa tngkat kabupaten berdasarkan UU Darurat No. 3 Th. 1953, dan berdasarkan UU no. 27 tahun 1959 status daerah istimewa Kutai kemudian dihapus dan daerah ini dibagi menjadi 3 daerah tingkat II, yakni: Kota Madya Balikpapan dengan Ibu kota Balikpapan, kota madya  Samarinda dengan ibu kota Samarinda dan kota madya Kutai dengan ibu kota Tenggarong.
Pada tahun 1995 Kabupaten Kutai menjadi salah satu daerah percontohan pelaksanaan otonomi daerah, berdasarkan PP No. 8 tahun 1995 tentang penyerahan sebagian urusan pemerintah kepada daerah tingkat II percontohan. Pada tahun 1999, wilayah kabupaten Kutai dimekarkan menjadi 4 daerah otonomi berdasarkan UU No. 47 tahun 1999, yakni kabupaten Kutai dengan ibu kota tenggarong, kabupaten Kutai Barat dengan ibu kota Sendawar, Kabupaten Kutai Timur dengan ibu kota Sangatta, dan kota Bontang dengan ibu kota Bontang.
Kabupaten Kutai Kartainegara  merupakan daerah yang kaya akan sumber  daya alam terutama minyak bumi dan gas alam (migas) serta batu bara sehingga perekonomian  Kutai Kartainegara masih didominasi dari sector pertambangan dan penggalian yang mencapai dilebih dari 77 persen. Sector pertanian dan kehutanan hanya memberikan konstribusi sekitar  11 persen, sedangkan sisanya disumbangkan dari sector perdagangan dan hotel, yakni kurang lebih 3 persen, industry pengolahan sekitar 2,5 persen, bangunan 3 persen, keuangan 1 persen dan sector lainnya sekitar 2 persen.
Kabupaten ini masih menduduki urutan pertamaKabupaten terkaya di Indonesia, tahun 2011 ini APBD Kukar mencapai 4,139 . Namun  tahun 2010 lalu 4,9 Triliyun, APBD Kukar terus menurun, karena tahun 2009, 4,9 T. bahkan 2008 pernah mencapai 5,5 T. namun demikian Kukar  masih kabupaten terkaya di Indonesia disusul kota Surabaya, Kota Bandung dan Bali.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz