Senin, 06 Mei 2013

PELUANG USAHA KREATIF DAN EKONOMIS (Membuat sandal dari pelepah pisang)



Belakangan ini, banyak peluang usaha yang dapat kita temui di berbagai media. Baik itu dari media cetak, media per-televisi-an dan yang paling popular saat sekarang yaitu media internet. Dengan semakin berkembangnya tecnologi, media internet merupakan salah satu media yang tak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari manusia saat ini. Karena, dengan adanya internet kita bisa mendapatkan informasi sesuai yang dibutuhkan. Seperti informasi berikut yaitu “Membuat sandal dari pelepah pisang”

Pelepah pisang mungkin sering dianggap sebagai sampah belaka yang tidak mempunyai nilai ekonomi. Namun, bagi orang yang memiliki kreativitas yang tinggi. Pelepah pisang itu bisa dijadikan berbagai macam kerajinan yang bernilai ekonomi tinggi. Salah satunya, dijadikan bahan utama membuat sandal.
Berikut cara pembuatannya:
Pertama-tama, siapkan pelepah pisang (saya sarankan anda memilih yang sudah kering agar proses mengolahnya bisa lebih cepat). Jemur pelepah pisang tersebut dibawah terik matahari kurang lebih 2-3 hari tergantung terik matahari untuk mengurangi kadar air yang terkandung didalam pelepah pisang tersebut. Kemudian, rebus pelepah pisang tadi dengan air panas selama kurang lebih 10 menit. Angkat, dan jemur kembali dibawah terik matahari sampai benar-benar kering. Untuk mengetahui pelepah pisang sudah kering, kondisi pelepah pisang terasa ringan pada saat diangkat. Tujuannya agar pelepah pisang bisa bertahan lama pada saat diolah menjadi sandal.
Tahap selanjutnya, buat pola sesuai ukuran yang diinginkan. Polanya tentu anda sudah tahu bukan? yang belum tahu, sesuaikan saja polanya seperti sandal yang anda pakai sekarang. hehe..
Saya sarankan buat 6-8 pola (4 pola sebelah kiri dan 4 lainnya sebelah kanan). Nah, pola-pola ini, nantinya kita satukan dengan lem (bisa lem kayu, bisa juga lem besi). Untuk ketebalan sandal, anda bisa menyatukan pola yang sudah anda buat tadi 3-4 pola sesuai ketebalan yang anda inginkan. Jangan lupa, beri lubang untuk tali sandal. Lubang terdiri dari satu lubang dibagian depan dan dua lubang dibagian belakang secara berlawanan. Kemudian, keringkan lemnya. Setelah lem sudah mengering, beri balutan kain disekeliling tepi sandal agar terlihat rapi.
Untuk tali sandal, anda bisa menggunakan tali sepatu yang sudah tidak terpakai. Caranya, anda buat kepangan dengan tali sepatu kurang lebih 15-17 cm. ikat kedua ujung tali untuk menahan body sandal dengan tali sandal pada saat disatukan. (buat sebanyak 4 buah tali dengan ukuran yang sama)
Cara menyatukannya, gunakan alat bantu berupa paku tembok atau sejenisnya untuk memasukkan tali kelubang yang sudah dibuat tadi pada body sandal. Kemudian ikat kembali ujung tali yang berada dibagian bawah sandal untuk memastikan bahwa ikatannya sudah benar-benar tidak bisa terlepas saat sandal digunakan. Lakukan berulang kali, sampai semua lubang terisi tali, jangan lupa satukan tali kira-kira 2-3 cm pada bagian depan agar mudah saat menggunakannya lebih tepatnya pada bagian yang akan dijepit jari kaki. Catatan:  untuk dua buah tali digunakan untuk satu sandal. Ujung tali satu dan tali dua dimasukkan kelubang bagian depan. Ujung yang lainnya dimasukkan dilubang bagian belakang masing-masing satu ujung tali tiap lubang.
Selanjutnya, beri alas pada bagian bawah sandal (bisa mengunakan bekas limbah karet sisa industry pabrik atau matras tikar yang sudah tidak terpakai, bisa juga menggunakan kembali pelepah pisang atau bahan-bahan lainnya yang bersifat padat dan lunak) agar sandal bisa tahan lama. Kemudian rapikan dan sandal siap dipakai.
Tambahan: untuk mempercantik tampilan sandal, anda bisa memberikan motif tambahan sesuai kreativitas anda.
Keuntungan Membuat Sandal Dari Pelepah Pisang
Disini, sangat jelas keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan membuat “sandal dari pelepah pisang”. Yang pertama, bisa mengurangi sampah disekitar lingkungan tempat tinggal anda. kedua, ini bisa dijadikan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Karena, kita semua tahu bahwa sandal merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia untuk bepergian keluar rumah.


Selain itu juga, cara pembuatannya tidak begitu sulit dan modal yang dibutuhkan untuk membuat sandal dari pelepah pisang tidak menguras kantong terlalu besar alias irit. Karena, bahan utamanya bisa kita dapatkan dengan mudah terutama yang tinggal di daerah perkampungan.

Cara Pemasaran
Untuk memasarkan sandal yang sudah anda buat terbilang cukup mudah. Karena mengingat sandal adalah salah satu kebutuhan sehari-hari manusia untuk bepergian keluar rumah. Jadi anda bisa menawarkannya kepada teman-teman terdekat anda, kerabat, atau juga rekan kerja anda. selain itu, anda juga bisa memasarkannya melalui media online, atau menitipkan ke toko-toko, supermarket dan lainnya. Jika anda memiliki modal yang cukup, anda bisa menyewah ruko untuk dijadikan toko.
Intinya, anda mau berkorban terlebih dahulu. Karena, usaha apapun yang dijalankan tentu membutuhkan pengorbanan, baik itu berupa tenaga, waktu, pikiran, juga financial.
Tips
Jika anda benar-benar ingin memulai usaha membuat sandal dari pelepah pisang. Berikut ada beberapa tips agar usaha anda bisa maju dan menjadi besar.
-          Buatlah variasi yang beragam, agar calon konsumen anda bisa memilih sesuai yang diinginkan.
-          Calon konsumen cenderung memilih motif yang unik, sehingga anda dituntut untuk lebih kreativitas dalam menentukan motif.
-          kerapian produk anda bisa jadi, salah satu daya tarik konsumen.
-          Jika memungkinkan, Anda juga bisa menerima pesanan sesuai keinginan konsumen.
-          Jangan takut untuk meminta kritik dan saran dari konsumen. Tujuannya, untuk lebih memaksimalkan produk anda.
-          Dan yang terpenting adalah berikan pelayanan terbaik kepada konsumen anda agar konsumen anda tidak segan-segan untuk kembali ke toko anda.
-          Terakhir, manajemen yang baik.
Pada dasarnya, usaha apapun yang anda jalankan bisa berkembang dan menjadi besar jika disertai manajemen yang baik. Termasuk usaha membuat sandal dari pelepah pisang.
Dalam hal ini, menjelaskan secara tidak langsung bahwa mempunyai modal usaha yang besar tidak menjamin usaha yang dijalani bisa berkembang menjadi besar dan sukses, jika tidak disertai dengan manajemen yang baik.
“Sekian dan selamat mencoba”

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz