Anda
adalah seorang pengusaha dan sudah membangun bisnis Anda tersebut sejak
lama. Namun, Anda tidak melihat ada kemajuan yang signifikan pada usaha
tersebut alias jalan di tempat. Tentu saja Anda tidak akan membiarkan
hal ini terus terjadi karena akan mengancam bisnis Anda. Karena itu,
sebaiknya seorang pengusaha harus terus mencoba untuk memberikan yang terbaik dalam pengembangan usaha yang dia jalankan.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh seorang pengusaha untuk membantu pengembangan bisnisnya:
1. Bertukar pikiran
Mungkin Anda adalah orang yang mempunyai banyak ide bisnis, dan ingin menjalankan ide bisnis itu menjadi nyata. Ada baiknya Anda bertukar pikiran terlebih dahulu dengan seseorang yang punya kompetensi di bidang tertentu, misalnya berkonsultasi atau bertukar pikiran dengan teman Anda yang ahli dalam hal keuangan atau pengembangan sebuah bisnis. Dengan begitu, Anda akan mendapat banyak masukan yang bermanfaat bagi bisnis Anda di kemudian hari.
2. Melakukan riset
Setiap bisnis selalu melakukan riset sebelum meluncurkan produk mereka di pasar. Kalau ada bisnis yang meluncurkan produk mereka tanpa melakukan riset sama sekali, kemungkinan besar bisnis mereka tidak akan bertahan lama, atau kalau beruntung bisa bertahan selama setahun atau kurang.
Sebaiknya Anda melakukan riset yang berhubungan dengan bidang industri yang akan Anda geluti. Dengan begitu Anda bisa melihat potensi dan mengukur kemampuan dalam bersaing dengan bisnis yang sama.
3. Membuat catatan
Buatlah catatan mengenai hal-hal penting baik di buku ataupun di komputer Anda. Membuat susunan file penting secara teratur, dan materi yang akan dikerjakan untuk bisnis. Dengan membuat semua catatan itu, Anda akan lebih mudah untuk mengingat dan mengerjakan segala hal yang sudah direncanakan sebelumnya.
4. Punya Visi dan Misi
Setiap bisnis harus memiliki visi dan misi, ini adalah tujuan dari bisnis Anda dan alasan mengapa Anda menjalankan bisnis tersebut. Dengan mengetahui visi dan misi Anda sejak dini, proses menyusu strategi pemasaran, analisa pertumbuhan, kompetensi, manajemen, dan lainnya, bisa dikerjakan lebih baik.
5. Persiapan pada segala kemungkinan
Bisnis Anda tidak selalu berjalan dengan baik, terkadang usaha Anda mengalami masalah karena beberapa faktor yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Karena itu, Anda dan orang-orang di perusahaan Anda harus memiliki persiapan atau planing untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga.
bagikan informasi ini untuk sahabat-sahabat lainnya untuk meningkatkan wirausaha di indonesia dan jangan lupa tinggalkan komentar dibawah untuk kemajuan blog ini
Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh seorang pengusaha untuk membantu pengembangan bisnisnya:
1. Bertukar pikiran
Mungkin Anda adalah orang yang mempunyai banyak ide bisnis, dan ingin menjalankan ide bisnis itu menjadi nyata. Ada baiknya Anda bertukar pikiran terlebih dahulu dengan seseorang yang punya kompetensi di bidang tertentu, misalnya berkonsultasi atau bertukar pikiran dengan teman Anda yang ahli dalam hal keuangan atau pengembangan sebuah bisnis. Dengan begitu, Anda akan mendapat banyak masukan yang bermanfaat bagi bisnis Anda di kemudian hari.
2. Melakukan riset
Setiap bisnis selalu melakukan riset sebelum meluncurkan produk mereka di pasar. Kalau ada bisnis yang meluncurkan produk mereka tanpa melakukan riset sama sekali, kemungkinan besar bisnis mereka tidak akan bertahan lama, atau kalau beruntung bisa bertahan selama setahun atau kurang.
Sebaiknya Anda melakukan riset yang berhubungan dengan bidang industri yang akan Anda geluti. Dengan begitu Anda bisa melihat potensi dan mengukur kemampuan dalam bersaing dengan bisnis yang sama.
3. Membuat catatan
Buatlah catatan mengenai hal-hal penting baik di buku ataupun di komputer Anda. Membuat susunan file penting secara teratur, dan materi yang akan dikerjakan untuk bisnis. Dengan membuat semua catatan itu, Anda akan lebih mudah untuk mengingat dan mengerjakan segala hal yang sudah direncanakan sebelumnya.
4. Punya Visi dan Misi
Setiap bisnis harus memiliki visi dan misi, ini adalah tujuan dari bisnis Anda dan alasan mengapa Anda menjalankan bisnis tersebut. Dengan mengetahui visi dan misi Anda sejak dini, proses menyusu strategi pemasaran, analisa pertumbuhan, kompetensi, manajemen, dan lainnya, bisa dikerjakan lebih baik.
5. Persiapan pada segala kemungkinan
Bisnis Anda tidak selalu berjalan dengan baik, terkadang usaha Anda mengalami masalah karena beberapa faktor yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Karena itu, Anda dan orang-orang di perusahaan Anda harus memiliki persiapan atau planing untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga.
bagikan informasi ini untuk sahabat-sahabat lainnya untuk meningkatkan wirausaha di indonesia dan jangan lupa tinggalkan komentar dibawah untuk kemajuan blog ini
1 komentar:
terima kasih...
Posting Komentar