Rabu, 11 September 2013

6 Kesalahan Yang Pernah Dilakukan Pebisnis

Apapun model bisnis yang dilakukan seseorang, kemungkinan besar mereka pernah melakukan kesalahan ketika memulai sebuah usaha atau bahkan ketika usaha itu sedang berjalan. Hampir semua pengusaha mengalami proses "membuat kesalahan" dalam bisnis mereka. Pengusaha yang sukses adalah mereka yang berhasil belajar dari kesalahan dan dapat memperbaiki keadaan, tapi tidak sedikit pengusaha yang terlambat untuk memperbaiki kesalahan mereka sehingga mengakibatkan kebangkrutan.

Berikut ini adalah 6 kesalahan yang pernah dilakukan oleh pebisnis, semoga kita bisa belajar dari pengalaman mereka:

1. Terobsesi membuat bisnis menjadi besar dalam waktu cepat

Ini adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis yang baru memulai usahanya. Tidak sedikit pengusaha yang terobsesi untuk mengembangkan bisnis mereka dengan cepat sehingga mereka meminjam modal lebih banyak lagi dan membuka cabang dimana-mana padahal usahanya masih baru dan belum stabil.

Yang terpenting dan menjadi tujuan awal dalam sebuah bisnis adalah mendapatkan keuntungan. Bila usaha kita sudah mulai memberikan keuntungan, tentunya lambat laun bisnis juga akan semakin besar.

2. Visi dan strategi bisnis yang tidak jelas

Saat sebuah bisnis dijalankan tanpa adanya visi dan strategi maka dapat dipastikan bahwa bisnis itu akan mandek dan tidak akan berkembang. Mengetahui tujuan bisnis kita dan juga memiliki strategi untuk mencapai tujuan itu adalah sebuah keharusan dalam bisnis apapun. Bagaimana mungkin sebuah bisnis bisa berjalan tanpa adanya visi yang jelas?

3. Kesalahan dalam mengatur keuangan

Setiap usaha pasti memerlukan manajemen keuangan. Bila sebuah usaha tidak mampu mengatur keuangannya dengan baik kemungkinan besar usaha itu akan mati perlahan-lahan.

4. Tidak fokus dalam menjalankan usaha

Banyak pengusaha yang berusaha menjalankan beberapa bisnis sekaligus yang akhirnya gagal menjalankan bisnis utamanya. Memiliki beberapa bisnis adalah sesuatu yang baik, tapi kita harus tetap fokus pada bisnis utama yang kita miliki.

5. Tidak ada pendekatan pada konsumen

Seringkali saya melihat sebuah bisnis yang sudah mulai sukses kemudian tidak memperhatikan konsumennya sehingga konsumen itu semakin jauh. Bila bisnis kita semakin besar, sudah seharusnya kita juga tetap memperhatikan konsumen.

Memperhatikan kebutuhan mereka, menjawab pertanyaan mereka, dan mendengarkan keluhan adalah bentuk kepedulian dan pendekatan yang lebih baik dibandingkan hanya mempromosikan produk. Konsumen yang puas dengan sendirinya akan membantu untuk mempromosikan usaha kita kepada teman-temanya atau keluarganya.

6. Kesalahan dalam merekrut tenaga kerja (SDM)

Kita harus menempatkan orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat, itu adalah sebuah keharusan. Menempatkan orang yang tidak memiliki kemampuan yang memadai pada sebuah pekerjaan penting pasti akan mengakibatkan pekerjaan itu tidak selesai dengan baik atau bahkan berantakan.

Belajar dari kesalahan yang kita buat adalah pelajaran yang sangat berharga. Namun akan lebih baik bila kita juga belajar dari kesalahan orang lain terlebih dahulu sebelum memulai usaha untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi.

Salam Sukses Wirausaha

4 komentar:

PPOB NASIONAL mengatakan...

‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
“ppob /online nasional” Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah,
Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
info lengkap Kunjungi : www.fastpay-nasional.com Hp:081335640101


“Topi sekolah Termurah Se-Indonesia Full Bordir Rp.6000/Pcs”
Jual dan produksi topi sekolah dengan harga 6.000 , BISA Kirim Sample/Contoh.
Pembelian tanpa minim order melayani Seluruh indonesia ,
Menerima Agen DI Seluruh Indonesia
“Kontak Kami Jl.rajawali 26 RT.02 Rw.06 Punggul-gedangan-sidoarjo jawa timur(dekat bandara juanda surabaya)
www.produksitopisekolah.blogspot.com
Tlp.031-8014543 Hp:081335640101 PIN BBM: 73E658A2

abang risman mengatakan...

untuk mendapatkan hasil maksimal, saya sarankan saudara iklankan produck anda di blog ini, kami siap membantu kemajuan usaha anda.

salam wirausaha...

Vimela ID mengatakan...

mantap gan.. info yang bermanfaat..
kesehatanku.net

Unknown mengatakan...

Ane pernah salah dlm mengolah bisnis dan akhirnya bangkrut, 6 kesalahan inilah yg trjadi.

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz