Senin, 03 Februari 2014

KIAT MEMASUKI MASA PENSIUN


Berbicara masalah pensiun, tentu tidak lepas dari yang namanya lanjut usia (LANSIA). Perlu kita ketahui bahwa, jumlah pensiunan di indonesia 6 % dari 682,25 juta jiwa itu berarti 1 : 5 orang yang usianya diatas 62 tahun.
Masa pensiun bisa juga diartikan tingkat produktifnya sudah berkurang, kondisi tubuh menurun, dan sulit melakukan pekerjaan berat, sehingga perlu dipersiapkan sejak dini. Di eropa sendiri, masyarakatnya mempersiapkan diri untuk pensiun dimulai dari usia produktif yakni antara 27-30 tahun.
Nah, gimana dengan anda “sahabat inspirasi” apakah sudah siap menghadapi masa pensiun?
Sobat inspirasi, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri anda dalam menghadapi masa pensiun anda, bisa disesuaikan dengan karakter, minat dan kebutuhan anda. Berikut ini, beberapa tips yang bisa anda lakukan, diantaranya:


FISIK DAN MENTAL
Persiapkan kondisi fisik dan mental anda. Selalu berpikir positif atas apa yang telah anda capai selama ini.

KESEHATAN
Terapkan gaya hidup yang sehat dengan pola makan yang sehat dan rutin melakukan olahraga bersama  keluarga, atau sahabat dan teman anda.

HOBBY
Kembangkan hobby atau kegiatan positif yang dulu sempat tertunda oleh rutinitas kerja anda. Siapa tau hobby atau kegiatan positif anda bisa menghasilkan sesuatu yang berguna.

KEUANGAN
Buatlah perencanaan anggaran keungan sebelum masa pensiun tiba. Agar kelak, tidak mengalami masalah keuangan. (menabung, berinfestasi, asuransi atau membuka usaha sendiri).

SOSIAL
Terus menjaga hubungan yang baik dengan relasi dan teman-teman selama anda bekerja atau aktif mengikuti kegiatan sosial atau organisasi. Sehingga anda tetap produktif baik secara fisik maupun mental.

SPRITUAL
Dekatkan diri anda denga yang Maha Kuasa. Perbanyaklah kegiatan rohani yang mungkin selama ini tidak terlalu sering anda lakukan karena terlalu sibuk dengan karir anda.

Tidak ada batasan waktu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi masa pensiun, semua itu bisa dilakukan mulai dari sekarang.

Sekian dulu tulisan kiat menghadapi masa pensiun, semoga bermanfaat untuk anda pembaca setia INSPIRASI DAN PELUANG USAHA. jangan lupa tinggalkan jejak anda dikolom comentar yang ada dibawah.
Terima kasih

3 komentar:

Unknown mengatakan...

waaah., thanks banget nh gan :) mksh bnyk infonya :)

Unknown mengatakan...

makasih infonya jadi buat hari tua :D

Reza Syahputra Rizal mengatakan...

Makasih Gan Infonya :D
Nice Share :D

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz