Minggu, 02 Agustus 2015

Lapar Terus, Inilah Penyebabnya


 
Manusia memang butuh makanan untuk hidup, tapi, hidup juga bukan hanya untuk makan. Makan berlebihan hingga kekenyangan,bukan hanya buruk untuk kesehatan tapi juga rentang terhadap penyakit.
Para ahli telah memperingatkan bahwa jumlah perempuan dibawah 50 tahun yang didiagnosa menderita kanker payudara telah mmecahkan rekor. Ternyata, salah satu penyebabnya ialah makan berlebihan dan obesitas. Termasuk, kelebihan minum dan jarang berolahraga.
Ahli gizi  Shophie Roberts dari British Dietetic Association mengatakan, bahwa ada beberapa hal  yang dapat mendorong manusiatanpa sadar mengonsumsi makanan melebihi kebutuhannya. Menurutnya, obat-obatan dapat bekerja meningkatkan nafsu makantermasuk jenis siproheptadin antihistamin, yang digunakan untuk alergi seperti demam, dan kadang-kadang diresepkan pula untuk migrain.
Antidepresan juga dapat memicu meningkatkan nafsu makan.” Nafsu makan meningkat karena produk sampingan dari suasana hati yang membaik karena telah mengkonsumsi obat anti depresi,” kata shopie seperti dilansir loL.
Demikian juga jika melakukan diet dengan mengurangi konsumsi karbohidrat terlalu banyak, dapat mendorong seseorang makan berlebihan. Itu dibuktikan pada sebuah study di Ohio  State University yang menemukan orang mengonsumsi sedikit karbohidrat saat makan siang, cenderung  menggatinya dengan makan lebih banyak.
“ karbohidrat melepaskan glukosa ke dalam aliran darah ketika kita mencernanya. Otak memerlukannya sebagai bahan bakar utama dan mengirimkan sinyal berbeda yang menuntut pasokan makanan jika bahan bakarnya habis,” lanjutnya.
Di sisi lain, gejala dehidrasi ringan, seperti lemah, lelah atau pusing, serupa orang kelaparan, sehingga otak mudah bingung akan kondisi dehidrasi dengan kelaparan. “ jadi jika merasa lapar, pertama kali minumlah untuk melihat apakah itu memenuhi kebutuhan sebelum meraih makanan,” tambahnya.
Menghindari alkohol juga merupakan cara ampuhmengatasi lonjakan nafsu makan. Pasalnya, barang alkohol menyebabkan fluktuasi kadar gula darah yang signifikan.  “ Alkohol menyebababkan sejumlah besar hormon insulin akan dilepaskan kedalam darah,” tuturnya.
Potensi lain pemicu makan berlebihan adalah persoalan selera. Selera manusia atas makanan bisa rusak oleh sejumlah faktor, termasuk infeksi virus, obat-obatan seperti amfetamin, dan peradangan di mulut.
Faktor lain sebagai pemicu juga ditemukan dari sebuah study University College London yang menemukan bahwa orang yang makan cokelat saat perut kosong lebih mungkin mengembangkan keinginan psikologis untuk makan berlebih.
Namun, para  peneliti menyatakan bahwa konsumsi cokelat jauh lebih baik dikonsumsi setelah makan dari pada sebelumnya. Mereka yang makan 15 sampai 30 menit setelah makan cenderung tidak ngemil pada waktu berikutnya.
Latihan fisik memberikan banyak manfaat  bagi kesehatan dan mental. Tetapi, latihan dengan intensitas tinggi sementara jumlah kalori yang terbakar sangat kecil juga mendorong otak mengirimkan sinyal rasa lapar. Sebagai ilustrasi, satu jam langkah aerobik untuk wanita rata-rata membakar 450 kalori. Tetapi jika hanya mengkonsumsi latte ukuran besar dengan susu semi-skim, maka hanya memasukkan 300 kalori.
Para peneliti juga menemukan, rasa bersalah ikut memicu makan secara berlebihan. Kedengarannya memang aneh, tapi rasa bersalah karena makan berlebihan bisa membuat seseorang untuk melakukan hal yang sama.
Peneliti dari Northwestern University di AS menemukan,jika seseorang merasa bersalahtentang pengalaman yang menyenangkan seperti makan, maka rasa bersalah itu sendiri akan menjadi menyenangkan.
Faktor terakhir yang diduga membuat seseorang  mengkonsumsi makanan secara berlebihan adalah pertemanan. Pasalnya, tanpa disadari seseorang makan lebih banyak bersama teman-teman di perusahaan daripada saat makan sendiri.

1 komentar:

Wahyu Rizky mengatakan...

Mungkin pebyebab saya ini kalik ya

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz