Senin, 06 Mei 2013

PELUANG USAHA “TOKO MAINAN ANAK”



Dunia anak memang sering dikaitkan dengan permainan. Sehingga, hampir setiap orang tua selalu menghadiakan anaknya dengan mainan yang lucu-lucu. Bahkan orang tua rela menyisihkan pendapatannya demi menyenangkan hati anaknya. Bahkan belakangan ini, orang dewasa pun kini banyak yang menggemari permainan anak. Sebut mobil mainan remot control, yoyo, dan lainnya.
Jadi, sangat jelas jika “toko mainan anak” menjadi salah satu alternative peluang usaha anda. peluang usaha ini dapat dikerjakan dengan cukup sederhana. Hanya mempersiapkan permodalan awal untuk membeli barang dagangan, lalu kemudian dijual kembali dengan harga yang sudah di tambahkan prosentasi keuntungan sesuai yang diinginkan. Asal jangan terlalu mahal, ntar mainannya ngga laku. Hehehe

Prospek peluang usaha ini sangat menjanjikan sepanjang tahun, mengingat munculnya berbagai jenis mainan anak dan semakin bersaingnya harga disetiap tahunnya. Membuat peluang usaha yang satu ini patut diperhitungkan juga. Selain itu, yang namanya anak-anak mainan adalah segalanya. Bahkan terkadang makananpun diabaikan apabila dia (anak) menginginkan sesuatu.
Perlu diketahui bahwa mainan merupakan sarana anak-anak untuk mengeksplorasi dirinya.
Nah, bagaimana caranya untuk memulai usaha “toko mainan anak”? berikut tips yang bisa saya berikan untuk anda  :
Modal tentu menjadi hal yang utama, mengingat item mainan anak-anak yang sangat banyak sehingga membutuhkan modal yang tidak sedikit.
Hal penting lainnya adalah wawasan dan pengetahuan tentan jenis-jenis mainan anak-anak product know ledge lainnya. Setelah itu, lakukan survey dan perhatikan potensi pasar yang bisa dikembangkan didaerah tersebut. Selanjutnya, segeralah mencari kulakan atau grosir mainan anak yang dekat dengan tempat anda. laukan survey harga dan segera buat inventaris yang dibutuhkan.
Persaingan dalam dunia usaha memang ada, dan selalu ada. Tapi, itu bukan hambatan jika anda pintar dalam pemasaran dan selalu memberikan nilai lebih dalam pelayanan. Buatlah harga yang kompetitif sesuai hasil survey anda dan antisipasilah kondisi atau grafik penjualan yang selalu naik turun (tidak stabil) dengan selalu melakukan perbaikan dalam pelayanan dan mengikuti trend terbaru.
Berapakah modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha “toko mainan anak”? ini sangat bergantung pada anda,  mau memulai pada posisi mana dan mencari target pasar yang bagaimana?
Sebelum saya menuliskan artikel ini, saya sempat berbincang-bincang dengan salah satu pemilik toko mainan yang ada di daerah tempat saya tinggal. Beliau menceritakan bahwa pada saat memulai usaha ini. Modal awalnya hanya Rp. 10 juta. Uang 10 juta ini digunakan sebagai sewa tempat, biaya inventaris dan lainnya termasuk barang dagangannya (mainan anak).
Kecakapan dari beliauadalah keberanian memilih tempat usaha dipinggiran kota, sehingga biaya sewa tempat dan lainnya bisa di tekan tetapi pasar tetap bagus. Dan menariknya, saat ini itm mainannya sudah melebihi 1.000 item dengan penghasilan bersih rata-rata perbulan adalah Rp. 3.000.000,-
Pada dasarnya, usaha mainan anak juga termasuk dalam jenis musiman atau tren. Sebagai contoh, didaerah saya sekarang musim mobil tamiya, jadi mainan yang banyak dicari anak-anak adalah mobil tamiya. Intinya, anda harus jelih dalam melihat musim mainan anak-anak yang sedang tren. Hal ini akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda apalagi saat hari-hari besar/hari raya seperti hari raya idhul fitri, tahun baru dan lainnya. Biasanya, penjualan di hari-hari seperti itu sangat melonjak dibanding hari-hari lain.
Sekian dulu artikel peluang usaha “toko mainan anak” semoga bermanfaat. tunggu artikel-artikel selanjutnya tentang peluang-peluang usaha lainnya.
Please “SHARE” ke rekan-rekan anda jika anda merasa tulisan ini bisa bermanfaat untuk mereka yang sedang ingin  membuka usaha. Hitung-hitung sedekah. Hehehe…..


3 komentar:

Lawyer Tells About Healthy and Technology mengatakan...

infonya menarik kebetulan mau usaha mainan anak juga nih saya..

mainan anak jakarta
http://jual-mainan-anak.com/

abang risman mengatakan...

moga usahanya berjalan lancar mas. jangan lupa shere ya kalau usahanya sudah mulai

AL-FAQIH mengatakan...

Benar.bisnis mainan memang menjanjikan.saya juga punya toko mainan www.mainanalfaqih.com

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz