Senin, 06 Mei 2013

PROSPEK PELUANG USAHA SEWA TENDA, KURSI UNTUK HAJATAN



Hajatan yang dilakukan oleh masyarakat sering kali digelar  dengan membagikan undangan yang cukup banyak. Baik untuk acar pernikahan, sunatan, aqiqah, ulan tahun dan masih banyak lagi acara-acara lainnya yang biasa anda lihat atau bahkan menghadirinya. Sering kali, rumah yang punya hajatan tidak mampu menampung tamu undangan yang hadir. Sehingga,  yang punya hajatan kerap menyewa tenda dengan alasan biaya lebih irit disbanding menyewa gedung.
Hal tersebut diatas membuat prospek  usaha sewa menyewa tenda kursi untuk hajatan menjadi tren dikota-kota besar sampai dengan daerah pinggiran.

Peluang usaha ini memang membutuhkan modal yang cukup besar. Karena wajib mempersiapkan asset yang akan disewakan baik itu berupa bangunan tenda besi, kursi dan perlengkapan lainnya.
Walaupun dimulai dengan modal modal awal yang terbilang besar, usaha ini dalam menjalankannya hanya membutuhkan modal kerja yang kecil. Karena, selanjutnya asset yang disewakan dijalankan dengan biaya pemeliharaan, kendaraan, bongkar pasang dan sebagainya. Umumnya, jika asset terpelihara dengan baik akan dapat disewakan hingga bertahun-tahun. Sehingga jika dalam waktu 1-2 tahun usaha ini dijalankan bisa mencapai break evenpoint atau kembali modal tergantung orderan. Selebihnya bisa menikmati keuntungan yang dihasilkan dari usaha ini.
Untuk memulai usaha ini, sebaiknya anda harus menyiapkan 1 atau 2 unit tenda dengan ukuran 4 X 8 meter, dengan kursi yang disiapkan. Jika 1 tenda 100 buah kursi maka anda harus menyiapkan 200 buah kursi.  Alangkah baiknya jika anda menyiapkan lebih banyak kursi. Karena konsumen biasanya mengadakan acara dengan tenda yang sederhana hanya menyewa kursinya saja.
Dalam usaha menjalankan usaha sewa tenda kursi, usahawan yang cerdik biasanya menjalin hubungan diantaranya:
1.      Jika anda belum memiliki kendaraan untuk transportasi. Maka anda harus mnjain hubungan kerja sama dengan usahawan transportasi angkutan pribadi. Agar harga transportasi bisa lebih murah dengan adanya jalinan kerjasama.
2.      Jika  asset anda masih terbatas, misalnya anda hanya memiliki satu set tenda yang siap disewakan. Maka anda harus menjalin hubungan dengan beberap usahawan yang sejenis. Jika mendapatkan orderan yang lebih atau spesifikasi tenda yang berbeda pelayanan akan terus berjalan. Keuntungan bisa didapat dari fee atau prosentasi yang sudah disepakati.
3.      Untuk bongkar pasang, tidak diharuskan karyawan tetap. Sebaiknya, maksimalkan pemuda-pemuda yang ada didaerah anda yang belum memiliki pekerjaan atau yang inginmencari penghasilan tambahan diselah-selah waktunya. Nantinya anda akan memberikan honornya dengan harian atau borongan.
4.      Usaha ini dapat dikembangkan dengan membangun hubungan kerja yang relevan bersama usahawanpenyewaan peralatan memasak dan makan untuk pesta, samapai usahawan cattring. Keuntungan bisa didapat dengan pembagian fee atau prosentasi.
Keuntungan membangun kerjasama adalah saat rekan bisnis anda mendapat orderan dan mengalami kekurangan atau konsumen membutuhkan jasa sewa tenda kursi yang sesuai dengan bisnis yang sedang anda jalankan maka anda pun mendapat orderan dari pelanggan tersebut.
Keuntungan dari bisnis ini dapat ditingkatkan dengan menambah sedikit permodalan guna pengadaan asset tambahan seperti:  kain sarung kursi, dan aksesoris tenda yang akan mempercantik  tampilan tenda yang digunakan. Usaha ini nyaris tidak memiliki celah untuk mengalami kerugian dalam pelaksanaannya.
Control asset keluar dan masuknya asset sangatlah penting dihitung dan dicatat sebagai administrasi gudang dan pembuatan dokumen serah terima asset dalam transaksi sewa-menyewa. Khususnya, pada jumlah kursi dan sarungnya serta aksesoris pemanis tenda jika ada.
Selain keuntungan yang cukup lumayan, prospek bisnis ini jangka panjang. Mak akan bijaksana jika keuntungan yang diperoleh bisa diimpestasikan pada pembelian asset baru guna penambahan unit.
Biaya sebagai modal kerja umumnya terjadi pada perbaikan tenda (las-lasan dan penge-cat-an pada tenda berkarat dan rusak).
Demikian artikel “sewa tenda kursi” ini semoga bisa memberikan inspirasi dan wawasan untuk anda. tunggu artikel-artikel selanjutnya tentang peluang-peluang usaha lainnya.
Please “SHARE” ke rekan-rekan anda jika anda merasa tulisan ini bisa bermanfaat untuk mereka yang sedang ingin  membuka usaha. Hitung-hitung sedekah. Hehehe…..

3 komentar:

Yeni suryani mengatakan...

saya juga sudah merasakan gmna enak nya punya usaha sewa tenda, oh ya saya juga share loh tentang peluang usaha sewa tenda di kaskus...

salam yenita tent
http://sewatendajababeka.blogspot.com

abang risman mengatakan...

semoga usahanya tetap eksis gan,

TENDA RR SADULUR 55 mengatakan...

Salam Hangat Dari RR SADULUR 55
Bila Anda Perlu Tenda Bisa Hub : 081321208311 Pin : 29444D04 .

RR SADULUR 55 *Sedia Berbagai Macam Tenda Dan Melayani Pembuatan berbagai macam tenda sesuai dengan permintaan Anda.

www.tendasadulur55.com

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz