Senin, 06 Mei 2013

TIPS BAGAIMANA MENCARI MODAL USAHA KECIL



Banyak orang yang bangkrut dalam menjalankan suatu usaha, atau enggan untuk memulainya karena persoalan modal yang tak kunjung terjawab.
Memang tak bisa di pungkiri, bahwa modal menjadi sumbuh geliat kemajuan suatu usaha. Pertanyaanya, apakah modal usaha tersebut selamanya berwujud uang?
Inilah hal yang sering dilupakan oleh para pebisnis. Modal dalam menjalankan usaha bukan hanya berupa uang. Modal usaha terbesar yang harus dimiliki adalah semangat yang kuat untuk mengembangkan suatu usaha.

Apa saja modal usaha yang dibutuhkan dalam menjalankan suatu usaha? Berikut ini diantaranya:
1.      Modal uang
2.      Modal semangat
3.      Modal fisik
4.      Modal kemampuan lobi dan bernegosiasi
5.      Modal do’a
6.      Modal popularitas
7.      Modal Inovatif
Ternyata, tak hanya uang yang menjadi modal untuk memulai suatu usaha. Beberapa hal diatas memiliki peran yang cukup penting didalam pengembangan usaha.
Terutama, modal semangat dan kemauan yang kuat dalam menjalankan suatu usaha. Jika ini tidak kita miliki, meskipun kita memiliki uang yang cukup besar, tak ada artinya untuk mengembangkan bisnis usaha yang anda kelola.
Namun demikian, berikut ini saya akan berikan ”tips bagaimana untuk mendapatkan modal berupa uang” yang anda butuhkan untuk membangun bisnis secara fisik:
1.      Modal usaha yang paling utama adalah modal sendiri
Untuk modal usaha kecil yang berasal dari modal sendiri, anda bisa mengguanakan uang tabungan yang menjadi simpanan anda. lagipula, daripada simpanan tersebut nganggur, alangkah baiknya jika dijadikan modal usaha.

2.      Mencari dari pengajuan dana hibah
Dana hibah biasanya banyak diberikan oleh pihak pemerintah, bantuan luar negeri, swasta dan lainnya. Bantuan ini diberikan kepada para pelaku usaha untuk mendukung geliat semangat berwirausaha. Untuk mendapatkan dana hibah tentunya anda harus rajin mencari informasi serta mengajukan berbagai persyratan yang diminta oleh pihak terkait.

3.      Selain dua cara diatas, masih ada cara lain untuk mendapatkan modal usaha kecil.yaitu dengan bekerjasama dengan pihak lain.
Sekarang , cara seperti ini banyak dijalankan. Bekerjasama dengan teman atau menawarkan kerjasama dengan investor. Semua itu bisa menjadi celah untuk memperoleh dana segar untuk modal usaha anda
Hal yang harus diperhatikan dalam menjalin kerjasama adalah sebisa mungkin, yakinkan rekan anda dalam prospek bisnis yang akan dikembangkan. Bisa dengan mengajukan proposal bisnis selain itu anda juga bisa memberikan keterangan mengenai jumlah pembagian hasil antara investor dengan pelaku usaha secara jelas.
Dalam prinsip ini, “win win solution” harus diterapkan dengan baik. Untuk itu, sebisa mungkin bangunlah system bisnis yang kuat dan kokoh agar banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi dibisnis anda.
Bisa jadi anda menawarkan profit sharing, misalnya: 60:40 atau 50:50, dsb dalam kurun waktu tertentu. Anda bisa berkomitmen agar modal usaha milik investor bisa dikembalikan. Jika sudah dikembalikan maka porsi penawarannya pun berubah, anda harus lebih tinggi.
Silahkan share jika anda memiliki pengalaman sendiri atau pengalaman teman atau kerabat terdekat anda dalam mendapatkan modal usaha. Dengan cara comen di kolom yang sudah disediakan dibawah!!
Terimakasih dan salam sukses.
Jangan lupa bagikan tulisan ini kepada rekan-rekan anda jika anda merasa tulisan ini bisa bermanfaat untuk rekan-rekan anda yang ingin memulai usaha…

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz