Senin, 06 Mei 2013

TIPS MENEMUKAN PELUANG USAHA DENGAN MUDAH



Menemukan usaha yang menguntungkan adalah hal yang mudah. Kuncinya, buka mata, perhatikan dan amati disekitar kita.
Kunci berikutnya adalah “tiru”. Meniru atau mencontek merupakan sedikit usaha dengan hasil yang menyerupai hasil pikiran orang. Bagi yang suka mencontek pada saat sekolah dulu, pasti mengerti apa yang saya maksud. Disekolah, mencontek dianggap tindakan tidak terpuji dan sering kali tidak disenangi guru karena ketahuan mencontek. Demikian halnya didunia usaha, mencontek akan membuat kita tidak disenangi oleh perintis usaha awal karena kita menjadi competitor mereka.
Sekarang kita bahas kunci yang pertamayaitu “Buka Mata”, perhatikan disekeliling kita, lihat usaha apa yang mapan dan mempunyai lalulintas pelanggan yang cukup banyak. Yang dimaksud mapan adalah usaha yang sudah lama beroperasi, minimal 1 tahun dan menguntungkan. Alasannya, supaya kita tidak terjebak dengan usaha yang booming karena trend.

Jangan sampai ketika kita baru memulai dan susah-susahnya merintis, trend tersebut sudah menurun dan digantikan trend yang baru. Hal lain, lalulintas pelanggan.  Ini yang sangat penting, logikanya sederhana. “sebuah usaha yang langgeng dan berkembang adalah usaha yang bisa menghasilkan profit dan profit tersebut didapat dari pelanggan”.
Yang ingin saya tekankan dari kunci membangun usaha yang menguntungkan dalam topic “Buka Mata” adalah kata memperhatikan. Memperhatikan berarti menyimak dengan sungguh-sungguh, tidak hanya sekedar melihat. Amati dari luar dan galih informasi dari orang dalam. Dari kegiatan tersebut, kita akan bisa menilai. Hasilnya adalah sebuah menilaian yang objektif ari hasil pengamatan.
Kunci yang kedua, merealisasikan usaha yang menguntungkan adalah “TIRU”. Mengapa kegiatan tiru saya jadikan kunci?
1.       Meniru adalah kegiatan yang paling mudah dari pada menciptakan.
2.       Menjadi yang pertama atau pionir adalah hal yang penuh dengan resiko dan biaya tinggi.
3.       Kita sudah tahu seberapa besar  captive market atau cakupan konsumen untuk usaha tersebut.
4.       Kita sudah tahu apa kekuatan dan kelemahan usaha yang akan kita tiru.
Praktekkan kedua kunci tersebut dan fokuskan pada perbaikan dari kelemahan usaha yang akan kita tiru. Hasilnya adalah berbagai macam peluang usaha yang bisa anda temukan. Pilihlah salah satu usaha sesuai kondisi anda. lihat dengan seksam kondisi anda. itulah alasannya saya tambahkan pada faktor kunci “Buka Mata” untuk melihat keadaan diri kita sebelum memulai.
Secara garis besar, metode mendirikan usaha yang menguntungkan ini sangat cocok dan saya anjurkan bagi mereka yang masih pemula atau baru mau menjajaki dunia bisnis. Selain itu, metode ini juga sangat sesuai bagi karyawan atau pegawai yang mencoba membuka usaha sebagai lahan penghasilan tambahan atau penghasilan sampingan.
kesimpulan
“ cara yang paling mudah merintis usaha adalah amati, tiru, lalu modifikasi”
Semoga tips diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk anda yang sedang atau ingin merintis usaha.
Salam Sukses Wirausaha

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz