Senin, 06 Mei 2013

TIPS MENUJU SUKSES BERTERNAK KELINCI



Banyak para calon peternak ingin berternak kelinci untuk berhasil dan selalu memepertanyakan “kalau” sudah banyak apakah memasarkan hasil kelinci? Hal ini banyak kita temui bagi para peternak pemuladan itu sangat wajar untuk bertanya demikian. Mungkin karena disebabkan modal yang tak kunjung kmbali.
Yang akan menjadi pertanyaan, mengapa kita senang dengan kata “kalau” dimana kata ini merupakan kata andai yang hanya angan-angan. Mengapa tidak kita ciptakan kata “harus” berhasil? Dalam hal ini, kita di wajibkan untuk berhasil dalam berternak kelinci. Yang artinya, kita harus bertahan dan siap terus berternak.

Nah, bagaimana kunci untuk terus selalu bertahan dalam berternak? Berikut tips-nya.
1.       Mempunyai niat yang kuat dan disertai dengan do’a
Sebelum berternak sebaiknya ajak keluarga untuk berkomunikasi buat keluarga anda untuk memahami, saling membantu dan dimengerti oleh anggota keluarga lainnya. Ini sangat penting, apabila suatu saat salah satu keluarga baru yang kerepotan untuk mengurus ternak itu bisa digantikan keluarga yang lain.
Dan tidak kalah pentingnya, mintalah do’a restu kepada keduan orang tua. Hal ini untuk mendorong secara moral agar tetap bisa menangani permasalahan kelinci yang timbul.

2.       Sebelum memulai, belajarlah dari pengetahuan
Setelah ada niat dan dukungan dari keluarga, disarankan untuk menambah pengetahuan dengan berkunjung kepeternak, diskusi dengan peternak kisah keluh dan sukses ternak kelinci dan sangat disarankan untuk ikut berlatih dalam usaha berternak kelinci.
Kenapa pengetahuan?
Karena, banyak cerita yang diperoleh dari buku akan menemui permasalahan yang berbeda-beda walau kasusnya sama. Misalnya, peternak gagal karena terserang penyakit kelinci, tidak bisa menjual ternaknya, masalah perawatan kelinci dan lain sebagainya. Inilah yang di maksud pengetahuan.

3.       Pahami ilmunya
Langkah selanjtnya, pahami ilmunya. Artinya belajar dari segi faktanya, bahwa secara fakta berternak kelinci harus fokus jika hanya sambilan banyak gagalnya. Sehingga bertenak kelinci harus dengan penuh kasih sayang. Ini akan berpengaruh dalam sikap dalam memperlakukan kelinci, ini bisa juga disebut psikologi ternak.

4.       Pengadaan bibit
Langkah berikutnya adalah bagaimana memilih pengadaan bibit?
Sebelum pengadaan, carilah bibit indukan dari peternak yang sudah lama berkecimpung dibidang kelinci atau penangkar ternak kelinci. Ini merupakan kunci untuk mendapatkan bibit yang berkualitas. Saran saya, jangan mencari bibit dari pasar atau pedagang keinci.
Usahakan melihat kandang, walau hanya kandang sampel ini perlu un tuk menaksir kelinci yang dikembangkan.
Diutamakan mencari bibit dari peternak/penangkar  yang dapat mempertanggungjawabkan silsilah dan perkawinan kelinci itu sendiri. Usahakan jangan membeli anakan, karena tingkat adaptasinya kurang cepat.
Jumlah yang ideal menurut penelitian. Peternak awal sebagai usaha ekonomi yaitu 5 ekor  diantaranya 1 ekor pejantan dan 4 ekor betina.

5.       Penangan dikandang
Untk merawat dan penanganan dalam usaha kelinci, usahakan semua dalam anggota keluarga yang satu rumah dilibatkan agar kelinci mengenal betul siapa siapa yang akan merawatnya. Biasakan tertib dalam penanganan kelinci setiap hari.
Catatlah semua kejadian dikandang setiap hari, terutama diaktifitas pada malam hari. Pencacatan mulai dari pakan yang berikan, sisa pakan, tingkah laku yang tidak biasanya serta tingkat kesehatannya. Kebiasaan kelinci biasanya sakit tetapi memperlihatkan dirinya sehat dimata pemeliharanya, yang berujung kelinci itu tidak mau makan.

6.       Harus memahami psikologi ternak kelinci
Peternakharus tahu dan paham tentang psikologi kelinci, jika tidak mengetahui biasanya kebanyakan peternak akan gagal dalam menangani kelinci.
Untuk pendalaman psikologi kelinci, anda bisa cari diinternet atau langsung pada ahlinya.
Demikian tips menuju sukses berternak kelinci,semoga bermanfaat untuk anda yang membacanya. Salam sukses.

2 komentar:

Gio Wahyu mengatakan...

terima kasih tipsnya, Gan.
Insyaalloh ane jalanin sebaik-baiknya :)

RISMAN H. RIDWAN mengatakan...

sama-sama, semoga usahanya bisa berjalan lancar. amiin

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia
.

Copyright © 2012. INSPIRASI DAN PELUANG USAHA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz